Kamis, 08 Desember 2016

Mengapa Harus Mengambil Jurusan Teknik Kimia?

Selamat pagi menjelang siang...

Biasa anak teknik jam setengah dua belum tidur. Jadi, kalo temen temen sudah memutuskan untuk masuk teknik siap siap aja untuk sering sering begadang. Karena banyaknya tugas yang haarus d selesaikan. Belum lagi laporan resmi tentang praktikum. Ribet pokoknya. Tapi kan ada istilah berakit rakit kehulu berenang renang ketepian. Kalo udah masuk teknik emang agak lebih kerja keras dari pada jurusan yang lain. Tapi semua itu akan sebanding dengan hasil yang akan diperoleh. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan sarjana teknik di Indonesia lebih banyak daripada lulusan sarjana dari jurusan yang lainnya. Yah walaupun banyak yang harus dilewati sampai harus menyandang gelar sarjana. Oleh karena itu saya memutusan untuk mengambil jurusan teknik. Khususnya teknik kimia.

Mengapa saya mengambil jurusan Teknik Kimia?

Saya juga kurang tau mengapa saya mengambil jurusan ini. Awalnya saya Cuma sekedar pengen untuk mengambil jurusan ini dan saya suka dengan pelajaran kimia. Kemudian barusaya mencari info tentang jurusan ini. Eh ternyata bagus dan banyak di butuhkan. Jurusan teknik kimia tidak seperti yang saya duga. Saya fikir kebanyakan akan belajar tentang kimia. Ehh ternyata kebanyakan fisika. Poadahal waktu SMA saya nggak pinter pinter amat tentang fisika. Tapi tenang aja, nanti materinya bakal di ulang dari awal kok. Selain itu teknik kimia adalah sebuah jurusan yang sangat luas menurut saya. Mengapa saya mengatakn demikian? Hal ini dikarenakan hal hal yang dipelajari sangatlah luas. Mulai dari kimia, biologi, fisika, lingkungan, ekonomi. Sehingga hal ini dapat membuat teknik kimia dapat mengambil allih jurusan-jurusan yang lain seprti teknik lingkungan, teknologi pangan, bahkan jurusan managemen.

Tetapi, propek teknik kimia yang lebih spesifik adalah merancang pabrik. Yahh, pabrik beneran. Hehe. Dimana untuk merancang pabrik tersebut tidak hanya merancang, tetapi juga membuat anggaran dananya serta kapan modalnya akan kembali. Hmm, ribet yak.

Oleh karena itu, mengambil jurusan teknik kimia adalah suatu pilihan yang sangat tepat menurut saya. Karena memiliki prospek yang sangat luas dan otomatis terdapat peluang yang besar saat kita lulus nanti.

Satu lagi, menurut survey, kemajuan suatu negara berbanding lurus dengan lulusan teknik yang dimiliki oleh negara tersebut. Indonesia saat ini masih membutuhkan banyak sarjana teknik untuk melaksanakan pembangunan.

Sekedar itu sih yang saya tau. Karena saya smester satua aja belum kelar. Baru mau UAS. BTW doain lancar ya. Amiin.

Makasih atas doanya.

Irsyad Andi Wardana

Author & Editor

Sedang menempuh S1 Teknik Kimia di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

0 komentar:

Posting Komentar

Manual Categories